Rabu, 04 Juni 2014

Diamukin Customer

Hari ini ada 1 customer yang mendadak marah-marah, ngamuk,  di line Misis Devi.

Ceritanya gini.... (semoga bisa menceritakan secara apa adanya yah)
Dia pesan 1 khimar Carisa Hitam, request untuk tidak dijahit dagu, karena kepalanya besar, takut nggak muat dikepala.
Waktu itu, misis devi sanggupin.
Setelah chat beberapa kali, akhirnya deal. Lalu Misis Devi buat rekapan ulang pesanan dia, kurang lebih seperti ini (semua customer Misis Devi pasti Misis Devi kasih rekapan setelah dia sudah transfer tanda bahwa sudah deal)
Nama .....
Alamat ....
Pesanan ....
Transfer ke bank .....

Biasanya, misis devi selalu kasih keterangan tambahan misal ada request tertentu dari Customer. Misalnya nie,
Nama ....
Request : dikirim pakai YES JNE
Atau request : dikirim pakai POS indonesia
Atau kalau 1 kota sama Misis devi, request nya : Dikirim di jam kerja.
Alamat : ...
Transfer bank : ...

Selalu misis devi kasih tambahan keterangan kalau ada request tertentu.

Tapi kali ini, misis devi lupa memberi tambahan request khusus ini, untuk tidak dijahit dagu. Bisa dibilang, memang baru dia yg request untuk tidak dijahit dagu.  Chat yg panjang antara aku dan customer ini  dan banyaknya chat lain yg musti Misis devi balas dari customer lainnya dalam 1 waktu, yg sehari bisa ratusan chat dari puluhan customer, menjadi salah satu faktor pendorong Misis Devi missed membaca lagi request an dia tentang "jangan jahit dagu ini".
waktu memberi rekapan akhir ke Customer ini,
Nama....
Alamat....
Orderan...
Transfer bank...
Unfortunately, Misis Devi lupa nggak ngasih special requestnya T-T
Dan karena mungkin customer pun nggak memperhatikan hal ini (kalau Misis Devi nggak nyantumin special request nya di rekapan yg misis devi kirim) nggak ada koreksi ke Misis Devi.

Alhasil, saat Khimar sudah berada ditangannya, dan Khimar ternyata jahit dagu (padahal dia minta untuk tidak jahit dagu) dia MARAH BESAR.
Astaghfirullah, baru ini Misis Devi di marah2in customer. Dibilang jualan gak beres, kalo gak sanggup gak usah nyanggupin, kecewa berat, dan banyak kata menyakitkan lainnya..hiks T-T
Sediiihh bangeeett..
Awalnya misis devi kasih solusi untuk di dedel sendiri di bagian dagu nya (ini gampang buat org yg bs jahit tangan, seperti Misis Devi) atau balikin khimarnya untuk Misis Devi betulkan dan ongkir ditanggung bareng.
Tapi jelaaaassss dia makin ngamuk. And I really understand that. I really really understand that...
So, akhirnya misis Devi kasih 2 solusi, yang menurut Misis Devi terbaik,

1. Dia kembalikan khimar nya, Misis Devi perbaiki, Lalu Misis Devi kirim kembali, semua ongkir Misis Devi tanggung.

2. Dia kembalikan khimarnya, lalu Misis Devi refund uangnya+ongkirnya untuk mengirim balik.

Dan, ternyata dia TETAP marah besar. Ngamuk2... dibilangnya nggak ada solusi yang bener. Ngamuknya gak selese2 . Dilampiaskan semua amarahnya dalam chat dia ke Misis Devi.

Misis devi menghela nafas, mencoba untuk tidak terbawa emosi atau terbawa dengan chat chat nya yg bikin hati sedih itu, Misis Devi tetap rendahkan hati, dan memohon kepada customer untuk meredam amarahnya dulu dan membicarakan tentang solusi..
Berulang kali dan sekali lagi Misis Devi minta maaf atas ke khilaf an Misis Devi.
Tapi tetep, cacian g berhenti..

Rasanya lelah saat menghadapi customer kerasukan amarah model begini. Mengingat Misis Devi juga melayani puluhan customer dalam sehari, dimana hanya Misis Devi yg jd Customer Service nya sendiri, tanpa admin, lelah sekaligus mengingatkan Misis Devi untuk tidak mengulang kesalahan yang sama.

Tapi sekali lagi, Misis Devi hanya manusia biasa yang kadang ada salah dan khilaf. Dan inshaallah, selama berdagang ini, Misis Devi selalu belajar terus untuk meningkatkan pelayanan maupun kualitas produk.
Sekalipun Misis Devi salah, Misis Devi mau carikan solusi nya.

Ya Allah, sedih rasanya saat kita berusaha berkata dengan baik, meminta maaf setulus hati karena menyadari kekhilafan, dan mencarikan solusi terbaik tapi dibalas dengan begitu keras..di caci maki.. :((

Semoga, kedepannya Misis Devi dapat melayani customer dengan lebih baik.
Lebih teliti dalam memenuhi request tiap customer.

Dan semoga saja, kedepannya, ukhti ukhti kesayangan dapat lebih menjaga emosi nya, karena emosi amarah itu punya jya setan. Istighfar yah jika ada hal yg tidak mengenakkan hati. Tidak hanya dalam berhubungan sama Misis Devi yah, tapi juga berhubungan sama semua manusia. Jangan pelihara amarahmu. Dan selalu ingat untuk menjaga lisan, jika tidak bisa lebih baik diam.
Allah selalu mengajarkan tentang kesabaran dan kasih sayang.
Jika kamu bisa jaga amarahmu jangan sampai keluar dari lisan atau tulisan, inshaallah malaikat akan selalu mengelilingimu dan mendoakan yang terbaik untukmu.
Inshaallah :)

Ini pelajaran berharga untuk Misis Devi dalam berbisnis, semoga juga bisa menjadi pelajaran bagi ukhti-ukhti yang membaca juga, kalau kemarahan yang berlebihan dan tak terkontrol hanya akan menurunkan kelasmu. Selalu ambil positifnya ya ukh :*

Jazakillah khair :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar