Kamis, 04 Desember 2014

Menghadapi Customer Gampang-Gampang-Susah

Menghadapi customer itu gampang-gampang-susah.
Gampang kalau customer nya langsung pesan sesuai dengan format yang sudah di buat oleh Misis Devi sebelumnya.
Gampang kalau customer sudah melihat dan memahami dan membaca caption dari setiap foto, sehingga sudah yakin dan tahu akan memesan model yang mana dengan warna apa.
Susah kalau customer tidak memesan dengan format dan banyaaaaak sekali pertanyaana yang notabene sudah tertulis di gambar atau caption.
Susah dan bikin sedih kalau pertanyaannya sebenarnya sudah terjawab di instagram ataupun blogspot misis devi.
Tapi ya itu, terkadang, customer tidak suka membaca. Bahkan hanya untuk membaca caption di setiap foto.
Masih sering bertanya "berapa harganya?", padahal sudah jelas di tulis "price : idr .... k"
"Apa bahannya?", padahal sudah jelas di tulis "material : ....."

Lebih sedih lagi, kalau customer tidak membaca bahwa "Misis Devi tidak membalas pertanyaan ataupun order di comment instagram" tapi TETAP MELAKUKANNYA.

Iya, tetep nggak bosan bertanya di comment instagram, misalnya "Ini ready sis?" (Walopun sudah ditulis ready stock). Comment hampir di setiap gambaaaarr, mbok ya lgsg chat Misis Devi seperti yang di minta. Bisa lewat sms, line ataupun whatsapp. T-T

Ada yang comment, "kok pertanyaanku nggak pernah di balas sih?". Padahal Misis Devi sudah buat announcement bahwa tidak akan membalas pertanyaan apalagi order melalui comment instagram..
 -____-a

Kemampuan untuk membaca dan memahami caption bagi beberapa orang memang sangat kurang, inilah yang dibilang "gampang-gampang-susah" dan membutuhkan kesabaran dalam menghadapi customer.

Salah satu enaknya belanja di Misis Devi memang di sini customer bisa berinteraksi. Bisa menanyakan pendapat. Bahkan bisa curhat. Hahahaa.. karena memang ini salah satu bentuk layanan Misis Devi kepada customer loyal Misis Devi.

Banyak onlineshop lain yang begitu saklek (misal kalau tidak sesuai format tidak akan dibalas), begitu susah dihubungi, begitu lama dalam hal menjawab pertanyaan, huhuhuuuuu... males bangeeett kan yaaaahh ketemu olshop seperti ini. Misis Devi sering bertemu dengan yang model begini, dan rasanya kesel. Makanya, saat Misis Devi memiliki usaha sendiri, Misis Devi tidak mau seperti itu.


Jadi, sesusah apapun berhadapan dengan tipikal customer apapun, insyaallah Misis Devi akan dengan sabar melayani. Karena, bukankah sebenarnya kita semua saudari? Saudari seagama.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar